Selasa, 17 November 2020

Ilmu Lingkungan, TUHAN dan Islam* (Bagian Ketiga)

 

Landasan utama sebelum hadis Riwayat at-Tirmidzi, no. 2380.

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ

“Tidak ada tempat yang diisi oleh anak keturunan Adam yang lebih buruk dari perutnya.” (Hadis Riwayat Ahmad, no. 17186. at-Tirmidzi, no. 2380. Dinilai shohih oleh at-Tirmidzi).

Sambungan hadis dalam riwayat at-Tirmidzi:

بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ، فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

“Cukuplah bagi anak keturunan Adam agar makan sekadar untuk menegakkan tulang sulbinya (tulang punggung). Melainkan jika ia tidak dapat mengelak, maka isilah 1/3 untuk makanannya, 1/3 untuk minumannya, dan 1/3 untuk nafasnya.” (Hadis Riwayat at-Tirmidzi, no. 2380. Dinilai shohih oleh at-Tirmidzi).

أصل كل داء البردة البردة : التخمة : أخرجه الحافظ السيوطي في الجامع الصغير

”Sumber segala penyakit adalah al-baradah.” Al-baradah: at-Tukhmah (Jeleknya pencernaan makanan), diriwayatkan oleh Imam al-Hafizh as-Suyuthi rahimahulloh dalam al-Jaami’ ash-Shoghiir.


Salah satu landasan tidak perlunya menambang, serta kewajiban mencari rezeki yang halal dan baik.


Ciri-ciri penghuni neraka adalah selalu saling menyalahkan dan menginginkan kesengsaran bagi yang lain.


Ciri-ciri penghuni surga adalah sabar, ihlas, berusaha dengan sungguh-sungguh secara bertahap, pemaaf, bersyukur dan rendah hati (mengakui kekurangan diri).

Alloh memeperbaiki melalui proses daya lenting/pulih serta suksesi (Sunnatulloh).





Pergerakan udara-angin, hujan-cuaca, siklus perputaran air, pertumbuhan tanaman.

Landasan ilmu tumbuhan dan tanah.

Jika diperhatikan dengan seksama, dari terjemah sederhana beberapa ayat Al Qur’an yang dipaparkan, semakin tergambar bagi kita bahwa TUHAN sebagai Sang Maha Pencipta (Awal dan Sebab Utama segala sesuatu) mengenalkan DiriNya dengan beberapa Nama melalui alam semesta beserta seluruh isinnya (penghuninya) sebagai makhluk ciptaanNya. IlmuNya diajarkan kepada manusia pertama (Nabi Adam A.S) secara langsung dan tetap diinformasikan kepada seluruh makhluk hingga saat ini dan nanti melalui Kitab Akhir Zaman (Al Qur’an).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perawatan Kebun (Bagian Pertama)

  https://youtu.be/Kib_FquGP7s  https://www.youtube.com/watch?v=1Tk_melmv14 https://www.youtube.com/watch?v=0cUc_FKQq7M